Minggu, 09 Oktober 2011

pilkada

KPU Butuh Dana Rp19 M
BANGKINANG- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kampar telah menetapkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kampar pada 10 Oktober 2011 dengan kebutuhan dana mencapai Rp19 miliar lebih. Ketua KPU Kampar,Nofrizal kepada Riau Mandiri mengatakan hasil Pilkada Kampar 2006 lalu , pelantikan Bupati Kampar terpilih dilaksanakan pada 11 Desember 2006.

"Sesuai dengan aturan mengatakan paling lambat 1 bulan menjelang masa jabatan kepala daerah berakhir, tapi dimajukan mengingat anggaran pada tahun itu akan berakhir pada Desember. Karena kondisi seperti itu, makanya dimajukan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah," katanya.

Nofrizal menjelaskan jadwal tahapan dan dana yang dibutuhkan pada pelaksanaan Pilkada nantinya telah dilaporkan ke KPU Pusat, Propinsi dan juga Pemkab Kampar.

"Dana Rp19 M itu akan digunakan untuk honorer petugas mulai dari KPU hingga KPPS sekitar Rp10 M, logistik sekitar Rp4 M dan kebutuhan lainya. Itu dana yang dibutuhkan untuk satu putaran," terangnya.

Namun jika Pilkada Kampar berlangsung dua putaran, akan diusulkan lagi dalam APBD-P Kampar. Idealnya memang diusulkan anggaran untuk dua putaran sehingga tidak kesulitan bila terjadi dua putaran.

Dikatakannya, pada Pilkada Kampar 2006 lalu, dianggarkan dana sebesar Rp10.5 M lebih, kemudian yang terpakai saat itu sebesar Rp8,7 M dan saat ini belum bisa dipastikan berapa dana yang akan habis.

Tahapan Pilkada akan dilaksanakan mulai April 2011 selama rentang waktu delapan bulan yakni 6 bulan sebelum hari 'H' dan dua bulan setelah hari 'H' atau dari April hingga Desember 2011.

Sementara itu, terkait persyaratan Parpol mengajukan pasangan cabup/cawabup,Nofrizal mengatakan Parpol bisa mengajukanya melalui dua cara yakni dengan 15 akumulasi suara pemilu legislatif atau 15 persen perolehan kursi di DPRD.

Wacana Serentak

Nofrizal menambahkan sesuai dengan rapat koordinasi KPU Riau dengan KPU Kabupaten/kota yang akan melaksanakan Pilkada pada 2011 nanti, ada wacana Pilkada serentak dengan tiga gelombang.
"Gelombang I pada Februari 2011 untuk Kabupaten Pelalawan dan Rohul, gelombang II Kabupaten Pekanbaru, Rohil, Siak dan Kuansing pada bulan April 2011 dan gelombang III Pilkada Kampar pada 10 Oktober 2011.(dom)

Tidak ada komentar:

nonton TV ONLINE YUK